Rabu, 25 April 2018

STANDAR LABORATORIUM SAINS

Perjuangan Hidup
Ruang Laboratorium Mikrobiologi 

Syarat-syarat laboratorium sebagai standar laboratorium :
1.                          Ruang laboratorium yang memadai
 Luas lantai laboratorium tergantung pada adanya lemari asam, meja laboratorium, meja dinding serta rak atau lemari yang diperlukan. Dalam mendesain ruang laboratorium, perlu pula disediakan ruang untuk : reparasi sampel, gudang tempat penyimpanan alat, gudang tempat penyimpanan bahan kimia, ruang teknisi, ruang tirabang, ruang dingin, ruang kantor dan staf, serta ruang siding (jika diperlukan).


2.                         Meja laboratorium dan meja dinding
   Meja laboratorium yang disediakan sebaiknya mudah diatur letaknya sehingga komunikasi antara dosen dan mahasiswa menjadi lebih baik. Meja dinding dilengkapi dengan sarana air, listrik, dan gas. Dibawahnya juga dapat dibuat lemari atau rak untuk menyimpan peralatan. Ada kalanya di atas meja dinding dibuat lemari atau rak tempat meletakkan model penyimpanan peralatan.

3.                       Sarana air, gas dan listrik
 Biasanya air diperoleh dari kran air PAM. Gas diperoleh dari gas kota melalui tabung gas elpiji. Listrik umumnya dri PLN. Air harus tersedia di laboratorium, jika perlu dibuat tangki persediaan air. Tekanan air harus kuat agar dapat membersihkan sisa bahan kimia. Sarana listrik harus berjauhan dengan kran air dan pembuangan air untuk menghindari kemungkinan terjadinya arus pendek akibat percikan air. Penempatan tabung gas elpiji dapat diatur diluar ruang atau pada salah satu lemari di bawah meja laboratorium.

4.                        Lemari asam
   Lemari asam berfungsi sebagai tempat untuk mereaksikan bahan kimia yang berbahaya atau merangsang pernapasan. Lemari asam dilengkapi dengan exhaust fan, sarana air, gas dan listrik.

5.                       Peralatan laboratorium
Secara umum dibagi atas dua kelompok :

a)              Peralatan consumable
Merupakan peralatan yang sekali pakai, mudah pecah kemudian dibuang seperti pipet gelas, pipa karet, kertas kromatografi, dan kertas saring.

b)              Peralatan non-consumable
Termasuk pembakar gas, pompa vakum, peralatan elektronik. Peralatan elektronik sebaiknya ditempatkan pada ruangan khusus. Guna mengatasi tegangan listrik yang selalu naik-turun digunakan stabilisator.

6.                             Furniture
 Meliputi meja krja dengan kursinya, meja computer, kursi lab, pemadam api, selimut pemadam api, jam dinding, rak buku, rak bahan kimia, rak peralatan serta lemari.
Malanesian Island Papua, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar sesuai dengan kutipan diatas menurut pemahaman anda, harap komentar yang membangun dan bermanfaat.

Translate

Pengikut Web Ini

Popular Posts